Selasa, 21 Oktober 2014

Tulungagung kota marmer

Kotaku
         Tulungagung adalah salah satu kabupaten yang ada di jawa timur.
Kabupaten Tulungagung berbatasan dengan Kabupaten Kediri di utara, Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Blitar di timur dan Kabupaten Trenggalek di barat.Menurut sejarahnya, wilayah Tulungagung merupakan wilayah kecil di sekitar tempat yang saat ini adalah alun-alun kota. Nama Tulungagung didapat karena adanya sumber air yang besar pada waktu itu. Dalam bahasa Kawi, Tulung adalah mata air. Sedangkan, agung adalah besar. 
        Selain itu di Tulungagung sering disebut dengan kota marmer, seperti yang kita tahu bahwa Tulungagung adalah Kota penghasil marmer terbesar di Indonesia. 
Kabupaten Tulungagung dipimpin oleh seorang Bupati dan wakil bupati yang baru dilantik 1 tahun lalu untuk masa kepemimpinan periode 2013-2018.
untuk kebudayaan di tulungagung itu sendiri ada yang namanya suroan, temanten kucing, ulur-ulur, jamasan kyai upas, dan peringatan imlek. Untuk makanan dari tulungagung itu
sendiri diantaranya kue geti, kletek, sermier, balungan ketek, sompel, sambel tumpang, opak rambak, jenang putih, jenang abang, dan jenang grendul. selain itu tulungagung juga terkeanl dengan tempat wisatanya yaitu pantai popoh, pantai sine, pantai sidem, waduk wonorejo, candi dadi, dan ada yang lain lagi. kebanyakan masyarakat tulungagung berbicara menggunakan bahasa jawa alus atau bahasa jawa yang logatnya sama dengan bahasa jawa provinsi jawa tengah khususnya solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar